Kerugian Liga Inggris Tanpa Penonton

Kerugian Liga Inggris Tanpa Penonton РHampir semua pesepak bola tidak setuju dengan gagasan mengadakan pertandingan tanpa penonton di tengah pandemi virus Covid-19 yang menyerang dunia. Mereka merasa permainan tanpa penonton bukanlah pertandingan sepak bola yang sebenarnya.

Asosiasi pesepak bola Inggris (PFA) juga menyuarakan kekhawatiran yang sama. Perwakilan pemain cemas apabila Liga Inggris dan EFL pada akhirnya akan mengambil keputusan untuk menuntaskan musim ini sebisa mungkin, meski harus memainkannya tanpa penonton.

Apabila benar terjadi, maka gagasan ini tentu bisa mendatangkan sejumlah masalah. Namun, jika itu menjadi satu-satunya pilihan yang bisa dilakukan untuk menuntaskan musim, maka sepertinya sudah sangat baik jika pada akhirnya musim ini masih bisa diselesaikan.

Liga Inggris mengalami penundaan sampai 30 April 2020, dengan opsi diperpanjang. Sampai tanggal yang ditentukan tersebut, Pihak Liga Inggris diyakini akan memikirkan setiap opsi dan konsekuensinya.

Kerugian Liga Inggris Tanpa Penonton

Klub-klub di Liga Inggris khawatir akan kehilangan jutaan poundsterling disebabkan oleh hak siar yang macet, juga kontrak dengan sponsor lainnya. Sementara para pemain tentu juga mempunyai kekhawatiran mereka sendiri.

Ada beberapa kekhawatiran utama para pemain tentang gagasan melaksankan pertandingan tanpa penonton, yaitu sebagai berikut:

  • Para pemain tentu mengkhawatirkan keselamatan mereka sendiri, sebab pemerintah terus menegaskan pentingnya melaksanakan social distancing
  • Bukan hanya keselamatan sendiri, para pemain juga cemas akan membahayakan keluarganya, ada risiko yang cukup besar saat mereka pulang ke rumah
  • Kecemasan akan persiapan dunia sepak bola dalam menghadapi keadaan darurat
  • Bagaimanapun bermain tanpa penonton seperti bukan pertandingan sepak bola yang sebenarnya.

Suara-suara keluhan para pemain tersebut sudah disampaikan kepada pihak PFA dan kemudian melanjutkannya pada diskusi dengan pihak Premier League, EFL, dan FA.

Keputusan Masih Dipertimbangkan

Bagaimanapun juga setiap pihak memiliki prioritas untuk menuntaskan musim ini. Para pemain boleh saja khawatir, namun sejatinya tujuan untuk menuntaskan musim tetap akan menjadi prioritas utama.

Sejatinya, memainkan pertandingan sepak bola tanpa penonton bukan opsi yang disukai oleh siapapun, tapi segalanya harus dipertimbangkan demi menuntaskan musim di keadaan seperti ini.

Selain itu, klub-klub sepak bola khawatir tentang hak siar. Setiap klub tentu sudah menanda-tangani kontrak besar dengan pihak penyiar. Jika tidak ada pertandingan sepak bola sebenarnya bisa jadi mereka akan mengalami kerugian sampai puluhan juta Poundsterling.